• July 6, 2024
Charles Leclerc

Charles Leclerc Akui Teteskan Air Mata Saat Pastikan Kemenangan di GP Monaco

Charles Leclerc mengakui emosional hingga meneteskan air mata saat hendak memastikan kemenangan pertamanya di GP Monaco pada akhir pekan lalu. Pembalap tuan rumah tersebut mengatakan air matanya membuatnya kesulitan melihat sebelum menyentuh garis akhir.

Setelah lima kali kegagalan, pembalap Ferrari 26 tahun tersebut akhirnya berhasil meraih kemenangan pertama di tanah kelahirannya sendiri. Kemenangan tersebut disambut dengan perayaan besar-besaran bersama tim.

“Saya pikir ada banyak hal yang ditambahkan pada akhir pekan ini,” kata Leclerc. “Pertama-tama, ini adalah Grand Prix kandang saya. Kedua, saya memiliki dua peluang di masa lalu yang hilang karena hal-hal yang sebenarnya tidak berada dalam kendali saya, dan sangat sulit untuk mengelola momen-momen yang sangat sulit itu.”

“Selain itu, Anda tidak begitu tahu apakah Anda akan mendapat kesempatan lagi untuk memenangkan balapan ini. Ini adalah balapan yang sulit sehingga Anda tidak mengetahuinya, [tetapi] saya tahu ada peluang akhir pekan ini.”

“Terakhir, balapan itulah yang membuat saya bermimpi menjadi pembalap F1 suatu hari nanti. Ini adalah balapan yang biasa saya tonton bersama ayah saya, yang telah melakukan segalanya agar saya bisa mencapai posisi saya saat ini. Impian kami adalah balapan di sini, di Monaco, di F1.”

Baca juga:

Fermin Lopez, Bintang Muda Barcelona yang Tak Terduga
Foden dan Manchester City: Menatap Trofi Lebih Banyak di Masa Depan
Guardiola: “Doku Berkembang Pesat, Grealish Tetap Andalan”
Guardiola Bingung dengan Rencana Transfer Manchester City

Leclerc menjalani debut di kandangnya pada musim 2018 yang berakhir bencana karena kerusakan rem. Satu tahun setelahnya, ia gagal lolos dari Q1 dan terpaksa retired pada awal balapan.

Lalu pada 2021, ia meraih pole position, namun gagal ikut balapan karena terdapat masalah teknis pada mobilnya setelah kecelakaan sehari sebelumnya. Nasibnya tak kunjung membaik pada 2022, karena kesalahan saat pit stop membuatnya gagal juara meski start dari posisi pertama.

Lalu harapannya untuk menjadi juara pada tahun lalu sudah pupus karena penalti yang membuatnya start dari posisi keenam meski menjadi pembalap ketiga tercepat saat kualifikasi.

“Saya tidak pernah membayangkan ketika saya masih muda bahwa saya akan balapan dengan Ferrari suatu hari nanti, di Monaco, dan memenangkan balapan ini. Itu tentu saja merupakan mimpi terbesar, sebelum menjadi juara dunia, tapi juga mimpi terbesar,” lanjut Leclerc.

“Fakta bahwa saya berhasil melakukan hal itu, saya merasa seperti saya tidak hanya mencapai impian saya sendiri tetapi juga impian ayah saya, juga ibu saya, yang telah mendukung saya dalam segala hal yang telah saya lakukan sejak saat itu, dan telah menjadi wanita yang sangat kuat ketika kami semua kehilangan ayah saya.”

“Saudara-saudara saya, yang selalu suportif, pacar, seluruh keluarga, semua teman-teman. Hal istimewa tentang balapan ini adalah negaranya sangat kecil sehingga semua orang bisa berkumpul di sini. Semua orang ada di sekitar trek.”

“Saya memikirkan banyak hal tentang orang-orang yang telah saya sebutkan, dalam 10 lap terakhir, dan itu sangat sulit untuk diatasi. Meskipun saya tahu kecepatannya sangat bagus, Anda harus tetap berada di trek seperti ini, dan itu sangat, sangat sulit.”

Soal seberapa dirinya merasa emosional, eks pembalap Alfa Romeo ini mengatakan, “Saya rasa saya paling berjuang untuk menahan emosi saya selama 10 lap terakhir balapan, lebih banyak dibandingkan saat naik podium.”

“Saya menyadari sebenarnya dua lap menjelang akhir bahwa saya kesulitan untuk melihat keluar dari terowongan hanya karena saya meneteskan air mata. Dan saya seperti, ‘****** Charles, kamu tidak bisa melakukan itu sekarang. Kamu masih memiliki dua putaran untuk diselesaikan’.”

“Terutama di trek seperti Monaco, Anda harus terus berada di trek tersebut hingga akhir. Sangat sulit untuk menahan emosi, pikiran-pikiran itu lagi, tentang orang-orang yang telah membantu saya mencapai posisi saya saat ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *